APA ITU IDEALIS ???

Apa itu idealis ???

Pernahkah kawan-kawan mendengar kata ” idealis “, tentumya pernah dong ?. Apa itu idealis dan bagaimana pendapat sebagian orang tentang idealis ?. Dalam artikel ini saya akan berbagi cerita tentang sebuah situs yang sedang membahas tentang sebuah paham yang dianut oleh sebagian orang , yaitu paham idealis .
Menurut para admin di situs tersebut ada beberapa definisi dari kaum idealis , diantaranya yaitu :
a. “ orang yang berfikir bahwa dirinya adalah golongan elite “.
b. “ Bisa diartikan mengutamakan ide/gagasan/pikiran tertentu yg dia anut.
Org yg idealis, akan berusaha melaksanakan kehidupannya sesuai ide tersebut. Dan ngga peduli dengan penilaian orang, yang penting dia bisa melakukan seperti apa yang dia inginkan”.
c. “ mengutamakan prinsip mungkin….katanya Bung Karno seorang yang idealis….berarti yang seperti bung Karno mungkin “…
d. “ idealis berkata baku ”íde”, yang artinya gagasan idealis berarti suatu yang tergagas atau mempunyai gagasan orang idealis adalah orang yang menyampaikan gagasannya tersebut untuk diakui dan jika memungkinkan dilaksanakan orang idealis biasanya banyak mengeluarkan pendapat ( vokal ) “.
e. “ Idealis adalah orang yang melihat segala sesuatu sesuai dengan keyakinan yang dianutnya, orang idealis berpandangan lurus dan cenderung kaku. orang seperti ini ingin agar apa pun yang dia lakukan harus dengan cara yang sesuai untuk mencapai tujuanya, sehingga kalau tujuan tersebut dicapai dengan cara lain maka itu tidak ideal.
Di kampus saya dulu ada senior yang sangat idealis dalam hal nilai, sehingga semua nilainya harus minimal b+, kalau ada satu saja yang B maka mata kuliah tersebut langsung diulang. idealis itu tidak sesuai dengan kenyataan, karena dunia ide berbeda dengan dunia nyata, ini terbukti dengan ideologi komunis yang dalam teorinya menjanjikan persamaan dan kesejahteraan, tapi buktinya negara yang menganut sistem ini adalah negara-negara yang secara ekonomi sangat miskin, bahkan dalam hal sama-sama miskin pun tidak berlaku, karena kepala negara dan anggota partai komunis pasti lebih kaya. begitu juga dengan ideologi kapitalis yang pada intinya tidak ada negara yang ekonominnya benar-benar bebas ditentukan pasar tanpa campur tangan pemerintah “.
f. “ idealis artinya memiliki kriteria spesifik terhadap suatu hal. terkadang idealis terlihat seperti perfectionist (jika standar yang digunakan sangat tinggi). Orang yang idealis akan terlihat seperti orang yang tau apa yang harus ia lakukan, terkadang dia akan terkesan egois (jika dia benar-benar yakin akan kemampuannya) namun terkadang terkesan bodoh karena memaksakan diri jauh diluar kemampuannya” .
g. “ IDEALIS itu artinya paham yang menuntut manusia penganutnya untuk berbuat se-ideal mungkin. Atau keinginan yang kuat untuk merubah sesuatu (atau bahkan seisi dunia) agar berubah dan menjadi sesuai dengan idealisnya, ideal disini nggak ada pandangan ideal yang hakiki/berasal dari Tuhan. cuma ada pandangan ideal universal (dinilai sama di seluruh dunia) individu atau kelompok… misalkan, seorang idealis akan membeli kaset original walaupun teman2nya beli yang bajakan. baca selengkapnya di blog saya… (heu, promosi blog? tetep) http://susahnyaidealis.blogspot.com/2008 “…
h. “ kalo ORANG yang IDEALIS secara sederhana bisa kita liat dari orang yang nggak melakukan pelanggaran hukum secara sengaja dan berusaha teguh memegang etika (contoh : nggak buang gas dimana aja/ nulis pake EYD yang bener) “
i. “ Idealis adalah keyakinan akan suatu faham/ideologi tertentu “
j. “ kuat berpendirian dan konsekwen. biasanya orangnya jujur dan tanggung jawabnya besar, tidak memikirkan keuntungan buat diri sendiri “.
k. “ orang yg memegang teguh pendiriannya dan tak terpengaruh oleh orang lain “
l. “ adalah suatu keyakinan diri akan suatu kebenaran oleh seseorang dimana selanjutnya mewarnai sikap dan tindakannya “.
m. “ orang yang menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yg benar yg dapat dicamkan dan dipahami; 2orang yang hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yg dianggap sempurna; 3 orang yg mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan
idealis=orang/pelaku idealisme
idealisme=paham/aliran “
n. sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081214012347AALmR9p

Bagaimana menurut kawan tentang apa itu idealis, baik atau burukkah seseorang yang memiliki sifat idealis ? jawabannya tentunya ada dalam diri kawan-kawan. Sekedar pencerahan kalau menurut informasi yang pernah saya baca tentang idealisme, idealisme dapat diartikan sebagai beriukut :
Idealisme berasal dari bahasa Inggris yaitu Idealism dan kadang juga dipakai istilahnya mentalisme atau imaterialisme.
Istilah ini pertama kali digunakan secara filosofis oleh Leibniz pada mula awal abad ke- 18. Leibniz memakai dan menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, secara bertolak belakang dengan materialisme Epikuros. Idealisme ini merupakan kunci masuk ke hakikat realitas.

Beberapa pengertian Idealisme :
Adanya suatu teori bahwa alam semesta beserta isinya adalah suatu penjelmaan pikiran.
Untuk menyatakan eksistensi realitas, tergantung pada suatu pikiran dan aktivitas-aktivitas pikiran.
Realitas dijelaskan berkenaan dengan gejala-gejala psikis seperti pikiran-pikiran, diri, roh, ide-ide, pikiran mutlak, dan lain sebagainya dan bukan berkenaan dengan materi.
Seluruh realitas sangat bersifat mental (spiritual, psikis). Materi dalam bentuk fisik tidak ada.
Hanya ada aktivitas berjenis pikiran dan isi pikiran yang ada. dunia eksternal tidak bersifat fisik.
Pandangan beberapa filsuf mengenai Idealisme.

1. Schelling memberikan nama Idealisme subyektif pada filsafat Fichte, dengan alasan bahwa dalam Fichte dunia merupakan postulat subyek yang memutuskan.
2. Idealisme obyektif adalah nama yang diberikan oleh Schelling pada pemikiran filsafatnya. Menurutnya, alam adalah inteligensi yang kelihatan. Hal tersebut menunjukkan semua filsafat yang mengindentikkan realitas dengan ide, akal atau roh.
3. Hegel menerima klasifikasi Schelling, dan mengubahnya menjadi idealisme absolut sebagai sintesis dari pandangan idealisme subyektif (tesis) dan obyektif (antitesis).
4. Idealismetransendental adalah pandangan dan penyebutan dari Immanuel Kant. Sering disebut juga disebut sebagai idealisme kritis. Pandangan ini mempunyai alternatif yaitu isi dari pengalaman langsung tidak dianggap sebagai benda dalam dirinya sendiri, sedangkan ruang dan waktu merupakan forma intuisi kita sendiri
5. Idealisme epistemologis merupakan suatu keputusan bahwa kita membuat kontak hanya dengan ide-ide atau pada peristiwa manapun denga entitas-entitas psikis.
6. Idealisme personal adalah sisitim filsafat Howison dan Bowne.
7. Idealisme voluntarisme dikembangkan oleh Fouilee dalam suatu sistim yang melibatkan tenaga pemikiran.
8. Idealisme teistik pandangan dan sistim filsafat dari Ward.
9. Idealisme monistik adalah penyebutan dan sistim filsafat dari Paulsen.
10. Idealisme etis adalah pandangan filsafat yang dianut oleh Sorley dan Messer.
11. Idealisme Jerman, pemicunya adalah Immanuel Kant dan dikembangkan oleh penerus-penerusnya. Idealisme merupakan pembaharuan dari Platonis, karena para pemikir melakukan terobosan-terobosan filosofis yang sangat penting dalam sejarah manusia, hanya dalam tempo yang sangat singkat, yaitu 40 tahun (1790- 1830) dan gerakan intelektual ini mempunyai kedalaman dan kekayaan berpikir yang tiada bandingnya. Faisal Nur Iman.

Buku Dalam Diri Manusia

Kehidupan manusia bagaikan sebuah buku, memiliki cover atau sampul depan dan ada juga lembaran-lembarannya, dan pasti akan ditutup oleh sampul belakang. Ada yang menarik untuk dibaca atau enggak sama sekali, ada kisah yang menarik ada pula kisah yang pahit. Ada yang tebal dan ada pula yang tipis. Seperti apa sih buku di dalam diri manusia itu ?
Sebagaimana sebuah buku, sampul depan kehidupan kita adalah ketika kita dilahirkan oleh orang tua kita di dunia yang akan memberi sejuta coretan dalam buku kita. Berbagai kisah , cerita dan pengalaman akan mengisi kehidupan kita setelah ini. Begitu cover kita balik, lembaran-lembaran yang putih dan bersih sudah menanti coretan-coretan yang akan kita buat. Di lembaran – lembaran itulah kita akan menulisakan perjalanan hidup kita. Dan sekali kita menulis, maka kita akan terus menilis sampai dengan cerita kita selesai.
Tulisan yang kita coretkan adalah sebuah gambaran dari tingkah laku dan pengalaman dari perjalanan kehidupan kita. Perilaku yang baik akan menghasilkan sebuah tulisan-tulisan yang baik dan akan menjadi sebuah coretan-coretan penuh makna dengan kebaikan yang kita berikan . Kisah kehidupan yang baik akan menjadi sebuah kenangan yang indah bagi seseorang dan kelak akan dibaca oleh orang lain dan menjadi sebuah buku pedoman dan menjadi guru bagi orang lain.
Yupppzz… jadi kalau kita mengharapkan sebuah buku yang memiliki cerita-cerita yang menarik dan baik serta membuat orang terkenang oleh kita dan bahkan meneladani cerita-cerita yang kita buat maka isilah hidup kita dengan hal-hal yang baik pula. Sadar atau tidak bahwa semua perkataan dan perilaku kita akan meninggalkan kesan dan rekaman potret bagi orang lain. Berhati-hatilah dengan perkataan dan perilaku yang akan kita tulisan dalam kisah kita, agar tak ada kisah kita yang melukai atau membuat orang lain kecewa kepada kita. Selain itu jangan malu bertanya kepada sang pencipta, apa yang harus kita tulis dan coretkan di dalam buku kita, agar kita tidak keliru dalam menulis.
Sebaliknya , perilaku yang buruk akan menghasilkan sebuah kisah yang buruk pula. Bukan hanya itu kertasnyapun bisa menjadi lusuh, kumal, dan mudah robek. Karena saking bruknya sampai kadang-kadang tak terbaca karena pada dasarnya manusia hanya ingin sesuatu yang baik tetapi terkadang mereka belum bisa memaknai arti kebaikan yang sebenarnya. Sesuatu yang kita anggap baik belum tentu orang lain menganggapnya adalah sebuah kebaikan. Maka dari itu belajarlah untuk melihat perilaku dan tindakan kita dari kacamata pembaca atau orang lain. Berhati-hatilah dalam menuliskan kisah –kisah dalam buku kita agar tidak melukai orang lain. Namun seburuk apapun coretan atau kisah kita sekarang, Tuhan selalu memberikan lembar baru yang putih, bersih dan tak terdapat noda sedikitpun untuk kita menuliskan kisah-kisah kita yang baru dan lebih baik. Oleh karena itu seburuk apapun tingkah laku yang kita perbuat sekarang Tuhan selalu memberi hari baru untuk kita. Maka gunakanlah kesempatan itu untuk memperbaiki diri dengan hal yang baru dan baik untuk mengoreksi kesalahn kita, dan kemudian melanjutkan lagi alur cerita kita agar sesuai dengan harapan pembaca dan Tuhan YME.
Hidup itu penuh pilihan dan jebakan. Kadang kita ingin memilih sesuatu yang baik tetapi kadang kita malah terjebak kedalam keadaan yang membuat kita menjadi sesuatu yang tidak baik. Kadang kita mendengar kata Gengsi ??? Gengsi membuat seseorang menjadi berfikir pendek. Semua yang dia fikirkan dan lakukan bukan untuk kebaikannya, walaupun dia harus menjadi orang lain dia rela, itu semua demi menjaga kebesaran dan penghargaan dari orang lain. So untuk apa kita gengsi jika menjadikan kita tak lebih baik dari sebelumya.
Seperti didalam sebuah buku , kalaupun dialam perjalanan kita pernah melakukan kesalahan, keliru melangkah dan keliru menulis kita selalu diberi lembaran baru, Masalahnya hanya kita dapat memanfaatkan lembar baru itu untuk memperbaiki diri atau tidak ?
Mumpung masih diberi lembaran dan waktu marilah kita bersama untuk melakukan perbaikan diri kita. Melakukan instrospeksi diri dan mendengarkan saran dari orang lain merupakan hal kecil yang dapat kita lakukan, tetepi manfaatnya akan menjadikan buku kita menjadi lebih baik. Dan bagi teman –teman yang sedang bersekolah ataupun bekerja dimanapun, carilah ilmu dan goreskan kedalam kisah – kisah kalian masing-masing. Berjuanglah untuk mendapatkan impian teman-teman dan ketika impian teman-teman menjadi kenyataan , coretan-coretan ini hanya akan menjadi lembaran perjuangan ynag dilakukan oleh teman-teman.
Kebahagiaan tidak dapat diukur, apa dan siapapun kita sekarang sukurulah dan nikmatilah. Menerima kenyataan memang sulit, tetepi kenyataan membuat kita tau arti sebuah perjuangan dan kebahagiaan yang sebenarnya. Buku diri kita akan menjadi saksi perjuangan kita dalam meraih kebahagiaan kita .
Semoga kita dapat menulis kisah-kisah yang baik dan penuh keteladanan bagi orang lain dan membuat orang lain mengenang dan menuliskan nama kita di dalam lembarannya sebagi sebuah teladan yang baik.
Salam sukses dan bahagia untuk kita semua, Tetap semangat dalam menjalani hari-harimu kawan. Wasalamu’alaikum. .
( Faisal Nur Iman ).